Wednesday, January 14, 2015

Akar tidak berasal, Benih yang membuatnya






Kenapa sih akar itu bisa menopang pohon yang sebegitu besarnya? Gimana bisa akar itu terus menjalar menembus tanah? Darimana sih akar itu berasal? Yakk, pertanyaan ini emang ganggu banget buat gue. Tapi maksud gue disini bukan mau ngebahas masalah biologi. Sebenernya ini analogi yang gua buat untuk cerita gue yang satu ini.





Jujur aja, sebelum masuk sma gua pernah berdoa supaya punya sahabat yang bener bener sahabat. Gue ibaratkan ini sebagai benih yang gua tanam agar kelak bisa tumbuh dengan segala rahasia yang selalu jadi misteri.



Pertama kali duduk di bangku SMA, gue sebangku dengan orang yang mungkin punya masalah yang sama dengan gue. Iyaa, pasif. Sampe sampe gua ajak ngobrol aja pala nya madep depan teruss. Kenalin sahabat gua yang satu ini, namanya Nickzad Pratama. Kita berdua emang yang paling akrab, sampe orang2 bilang kaya biji, beduaan mulu. Orangnya pinter, konyol, hobinya ketawa dan tentunya soleh. Oiya satu lagi hobinya adalah gemar membawa hp diisaat mandi :p



Dibelakang gue duduklah dua orang berisik, ngobrolin cewe mulu (ngobrolin yang aneh2). Kenalin 2 sahabat gua Herlan Febrianda dan Yudha Prasetya. Herlan orangnya paling gokil, jago, friendly, soleh, berani dan manis (ngakunya). Herlan ini bisa dibilang wajah nya serupa dengan Pasha Ungu, suaranya merdu kaya John Secondhand Serenade, hati nya selembut Maher Zain(Insyaallah), aura nya bagai Vidi aldiano, tapi sayangnya……..itu semua Cuma mimpi L. Dan yang satu lagi itu Yudha, lu bebas cerita tentang cewe sama dia, dia paling paham seluk beluk wanita dari lurusan dan tikungan tajamnya (hati2 rawan longsor). Konon katanya, mantannya gabisa diitung pake jari, Cuma bisa diitung pake kalkulator. Yudha orangnya seru, jago, suka cerita, menurut gua dia yang wawasan nya paling luas.



Nah dua orang yang ini entah dateng darimana. Kenalin juga sahabat gua Adi Rianto dan Aji Nugroho. Adi orangnya ganteng, sopan, dewasa dan paling kocak menurut gua. Sebut saja Babang (nama disamarkan), sudah 4 tahun jualan boraks menggunakan bakso (emang suka gitu). Dulunya anggota rohis, hati hati berurusan sama doi, bisa bisa diajakin duel ngaji. Nah yang satu lagi itu Aji, rumahnya jauhh banget, diujungnya ujung, tapi sonoan lagi. Yang bikin gua salut, dia tipe orang yang ber-prinsip dan teguh berpendirian. Tapi kalo lagi cerita lama dah mikirnya, mau coba? Cobain aja dulu. Aji orangnya baik, lola, kritis, soleh-a, kalo udah ngakak ngeselin, kadang lucu kadang juga ngeselin (lagi)



Dan sahabat gue yang satu ini yang paling beda sendiri boi, namanya Khairul Anam. Paling brengsek, cobain aja denger kalo doi lagi cerita, sangat konyol. Irul ini yang mencetuskan nama “Anjingers” (ada cerita dibalik nama ini). Anjingers itu semacem nama perkumpulan kita. Walaupun Cuma kurang lebih 2 tahun dia maen bareng sama kita, tapi sebenernya dia yang paling berjasa. Lo itu ibaratkan guru besar di anjingers rul, jasa tanpa tanda pahlawan (emang suka gitu part2). Moga aje lu maen bareng lagi ma kita njeng, kekonyolan lo sangat dibutuhkan disini.



Dan yang terakhirrr… cewek anjing! Weitsss seloo, ini Cuma nama sebutan cewek2 bohai yang ada di anjingers. Aclya Pratiwi, Destika Nastiti dan Rizki Ari Lestari. Destika ini jayus nya itu kadang bikin ngakak, gua akuin orangnya paling perhatian dan pengertian tapi suka ngambek (gausah tawa lu des). Kalo Aclya ini ngeselin orangnya, konyol, tapi paling cakep  (gausah tawa lu kli). Kiki (disingkat aja males), dia cewe yang paling deket sama gua. Orangnya lucu, kalo tawa heboh, tapi oneng mikirnya lola (GAUSAH TAWA LU KIH)



Mereka semua itu akar akar yang mulai tumbuh di benih gua tadi. Tapi masih terlalu rentan dan rapuh. Butuh waktu buat mereka tumbuh dan saling merekatkan satu sama lain. Air dan cahaya matahari sangat dibutuhkan di waktu ini. Lalu akar2 akan bisa menembus tanah sekeras apapun dengan perlahan.



Kita selalu bareng2 menghabiskan masa2 SMA. Ketawa bareng, nyanyi bareng, gokil bareng, belajar bareng, tidur bareng (loh?), mandi bareng (loh lagi). Waktu emang berjalan, tapi kebahagian selalu meneteskan air-air sepanjang hari, kehangatan seperti mentari yang membantu kita bergerak beriringan dengan waktu. Namun bukan berarti persahabatan tanpa duka, kita menembusnya bersama luka yang perlahan terlupa. Tapi waktu yang tak pernah lupa apa yang telah kita lakukan, biar ia yang merekam semua kenangan kita. Gua jadi keinget sepenggal kalimat 
You never know true value of a moments until it becomes memories. 
Kita emang gak pernah sadar, tapi ini bener2 jadi arti buat gua sendiri.



Kawann…. Dari sini gua belajar tentang persahabatan, tentang bagaimana cara menopang pohon yang besar. Bukan tentang satu orang atau satu akar, tapi kita adalah akar akar! Kita tidak akan pernah ada jika salah satu dari kita tidak ada. Selalu ingatlah sahabat, bahwa “Akar tidak berasal, benih lah yang membuatnya!”



Gua tantang Yudha, Herlan, Aji, Adi, Kiki, Destika, Aclya buat karya kalian macem gini. Berani? W tunggu!

Salam dari gua njing!!  -Dayven-




2 comments:

IsengNulis said...

Selaw gua bikin nanti tunggu aja

Nickzad Praama said...

yanjir...
gua ga di suruh bikin kan,

Welcome

Manusia akan mati, tapi karya nya akan abadi. So gausah malu berkarya!! Belum tentu mereka bisa.

Me on Instagram

Instagram
Powered by Blogger.

Followers