Sunday, April 29, 2012

Graffiti 3D Tutorial w/ CorelDraw


Welcome back!! Seperti janji gua pada postingan sebelumnya untuk ngebahas cara buat Graffiti 3D, dan pada akhirnya di postingan ini gua udah menjabarkan bagaimana proses pembuatan Graffiti 3D ini. Yap berarti janji sudah ditepati toh, monggo di cek.


Graffiti 3D ini gua buat dengan  CorelDraw dengan menggunakan “Interactive blend tool”. Yah walaupun masih terlihat simple dari sesimplenya style simple. Tapi lumayan juga kan buat ngisi waktu kosong, daripada Bejo “Bengong jorok”. Apalagi yang sekarang jomblo, pasti kata kata Bejo sudah tidak asing lagi, bahkan komunitas bejo ini terus meningkat seiring dengan para jomblo yang terus meningkat.  Hehe maaf ngelantur, maklum udah jomblo, eh single deh.

Oke cukup pembukaannya, sekarang mulai cara pembuatannya *serius

  • Buka CorelDraw (terserah versi berapa)
  •  First, pilih Landscape mode
  •  Lalu buat bangun persegi dengan menggunakan “Rectangel tool” yang berada di toolbox. Buat persegi sampai menutupi paper atau kertas, untuk dijadikan background.


  • Setelah itu beri warna persegi dengan “Fountain Fill Dialog” yang berada di toolbox di grup “Fill tool” atau supaya singkat klik saja F11. Lalu klik OK. 
  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog “Fountain fill”. Disini anda bebas memilih warna untuk background. Yang mau tiru punya saya jg ya silahkan 



  • Tahap selanjutnya yaitu masukan kata2nya, dengan mengklik “Text tool” di Toolbox. Pilih style font nya di font list, disini saya gunakan “Raseone fill” karna font ini sgt cocok untuk graffiti. Yang mau pakai font lain ya monggo tidak masalah. Boleh juga download font Raseone fill nya disini
  • Setelah font sudah masuk, silahkan perbesar ukurannya (terserah seberapa). Lalu beri warna font dengan menggunakan “Fountain Fill Dialog” seperti tadi. (Font harus terseleksi saat pemberian warna)



  •  Jika font sudah diberi warna, copy paste font nya agar menjadi dua. Lalu font yang berada dibawah beri warna hitam dengan “Fill colour Dialog”, seperti ini contohnya


  • Next Step, menggabungkan 2 font tersebut agar menjadi 3D. Caranya klik “Interactive Blend Tool” pada toolbox. Lalu arahkan kursor ke graffiti paling atas, lalu drag kebawah (drag ke graffiti yg berwarna hitam)


  • Waaaah jadi kan 3D nya, tapi belum selesai masbro. Cari tools “Number of steps offset between blend shapes“ (Pastikan Interactive Blend Tool nya masih keadaan di select).  Letaknya di atas, dibagian toolbar. Ganti angkanya menjadi 200. Gunanya untuk memperbanyak blend yg dibuat.
  • Selanjutnya “Group” kan graffiti nya, gunanya untuk menyatukan 2 buah font tadi supaya menjadi 1 bagian. Caranya seleksi graffiti nya (tidak dengan background), lalu klik kanan, lalu pencet “group”.
  • Jadi deh, selanjutnya kreasiin sendiri aja supaya keren. Maaf sebelumnya saya kasih contohnya simple sangat, abis males bikinnya -_-



Sekian Tutorial dari gua. Gimana? Keren toh?
Makasih banyak udah berkunjung, mohon maaf kalo ada salah kata, ane juga masih tahap belajar nih hehe. Nantikan postingan menarik selanjutnya. Monggo di komen masbro dan mbabro sekalian. Salam hangat pecinta seni :*

Nb : Klik gambar buat zoom atau perbesar

0 comments:

Welcome

Manusia akan mati, tapi karya nya akan abadi. So gausah malu berkarya!! Belum tentu mereka bisa.

Me on Instagram

Instagram
Powered by Blogger.

Followers